Buka Setiap Hari pukul 08.00 s/d pukul 20.00 Wita
Beranda » Blog » Begini Cara Mudah Mengatasi Aki Sepeda Motor Honda Yang Soak!

Begini Cara Mudah Mengatasi Aki Sepeda Motor Honda Yang Soak!

Diposting pada 18 February 2022 oleh Pawana Andhika / Dilihat: 69 kali

Hai Sobat Auto Global Motor!

Aki pada sepeda motor merupakan salah satu komponen penting pada motor, tanpa aki mungkin motor susah untuk di nyalakan dan semua komponen yang berhubungan dengan kelistrikan dipastikan tak berfungsi, jika kondisi aki soak maka motor tidak akan bisa berfungsi dengan maksimal.

Aki berfungsi untuk menyimpan listrik pada motor. Jika aki soak, motor tidak akan berfungsi dengan baik dan bisa jadi mogok saat berkendara di jalan raya. Aki soak dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, maka dari itu kamu harus melakukan servis rutin agar aki motor tidak soak dan jika kamu ingin berkendara kamu sebainya kamu menyalakan motor setidaknya 10-15 menit.

Aki motor juga bisa saja cepat soak karena pemakaian atau bahkan kamu yang selalu lupa untuk mematikan motor saat selesai dipakai, nah pada kesempatan ini mimin akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi aki motor agar tidak cepat soak, berikut penjelasannya.

Kebanyakan Motor Pakai Aki Kering


Kebanyakan motor sekarang menggunakan aki kering. Dimensi dari aki ini kecil dan lebih praktis. Sebenarnya aki ini sudah maintenance free dan tidak perlu menambah air aki lagi karena sudah kering. Perawatan aki kering pun lebih mudah dibandingkan aki basah.

 

 

 

Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan untuk memperbaiki aki kering yang soak:

– Air accu
– Obeng minus atau pencukit
– Lem plastik
– Suntikan tinta

Setelah bahan sudah siap saatnya untuk memperbaiki aki yang soak:
– Pertama adalah dengan melepas aki dari motor. Lepaskan dulu kutub positif.
– Selanjutnya bersihkan bagian luar aki. Ini agar saat nanti memperbaiki aki, kotoran tidak akan jatuh ke dalamnya. Usap bagian yang kotor dengan kain lap.
– Bongkar tutup aki kering bagian atas sampai terbuka dengan menggunakan obeng. Lakukan dengan hati-hati, jika dibuka dengan kasar ditakutkan membuat aki rusak dan tidak bisa diperbaiki. Membuka tutup aki secara sembarangan pun berisiko sebabkan aki pecah yang nantinya juga menyebabkan kebocoran.
– Selanjutnya, pastikan semua lubang karet sudah terbuka dan masukkan air zuur. Masukkan cairan air aki dalam suntikan dan masukkan ke dalam tiap-tiap lubang. Suntikkan jarum ke dalam lubang karet sampai 1 cm di bawah lubang tersebut. Lakukan sampai semua lubang sudah terisi. Isi sampai merata dan penuh. Tutup kembali lubang karet.
– Next step, pasang kembali penutup aki dan lem dengan lem plastik yang sudah disiapkan. Pastikan semua tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk atau keluar.
– Selanjutnya isi tegangan daya atau listrik dari aki. Proses ini biasanya disebut juga dengan setrum aki. Proses ini bisa dilakukan dengan mengecharge aki atau dengan melakukan jumper aki. Lakukan pengecekan dan aki bisa dipakai kembali.
– Jika aki masih belum bisa digunakan, lakukan pengecekan lagi dan bongkar kembali aki untuk tahu apakah ada sel-sel aki yang rusak.

Cek Secara Rutin dan Berkala Kondisi Aki


Aki kering memiliki masa aktifnya, jadi pengendara wajib rutin mengecek secara berkala. Memperbaiki aki motor dengan cara ini memang tidak ada jaminan, namun jika dilakukan dengan benar dan sesuai petunjuk, aki akan bisa berjalan dengan maksimal asalkan tidak ada kerusakan fisik yang fatal seperti kebocoran dan lain sebagainya.

 

 

 

Untuk mencegah aki tidak cepat soak berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

– Pertama perhatikan beban dari pemakaian listrik pada motor. Hindari melakukan modifikasi yang berlebihan. Selain itu hemat pemakaian listrik pada motor. Matikan lampu saat akan dimatikan dan dihidupkan.
– Selanjutnya adalah bersihkan aki secara teratur. Salah satu bagian penting yang wajib dibersihkan adalah bagian terminal aki. Terminal aki sering tertutup debu dan juga kotoran. Ini rentan sekali sebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen motor jadi terhambat.
– Panaskan motor setiap akan dipakai. Mesin yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki.

Saat kamu ingin mengganti aki dengan yang baru jangan lupa untuk mengecek tanggal penggantiannya saat kamu melakukan servis rutin. Mencatat masa aktif dari aki sangat penting untuk berjaga-jaga sebelum aki soak atau sudah waktunya mengganti aki motor dengan yang baru.

Jika kamu ingin membeli produk-produk honda resmi atau kamu ingin membeli sparepart motor kamu bisa kunjungi toko kami di bawah ini.
Shopee: https://shopee.co.id/autoglobalmotor
TokoPedia: https://www.tokopedia.com/autoglobalmotor
Demikianlah artikel dari mimin semoga bisa membantu kamu dalam memperbaiki aki motor kamu, sekian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Begini Cara Mudah Mengatasi Aki Sepeda Motor Honda Yang Soak!

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Begini Cara Mudah Mengatasi Aki Sepeda Motor Honda Yang Soak!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: